Selasa, 20 November 2012

Riset Operasi

Seperti yang telah disampaikan di sini, pada alternatif ketiga, telah dijelaskan bahwa salah satu prospek lulusan jurusan matematika adalah menjadi manajer operasi. Riset operasi adalah sebuah disiplin ilmu, cabang dari matematika yang sangat dapat diterapkan pada sistem operasional sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah.
Riset operasi, adalah suatu cabang dari matematika terapan yang cenderung interdisipliner. Ilmu riset operasi menggabungkan antara teori matematika dan manajemen. Pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan permodelan matematika, analisis stastistik, dan teori optimasi matematis. Riset operasi bertujuan mencari solusi optimal dari masalah yang kompleks.
Rumusan masalah pada riset operasi dibagi dalam dua kelompok besar yaitu: meminimumkan, dan memaksimumkan. Untuk masalah meminimumkan biasanya yang diminumkan adalah biaya distribusi, biaya produksi, jarak tempuh, dll. Sedangkan pemaksimalan bertujuan meemaksimalkan keuntungan, jumlah barang produksi, dll.
Sebagai disiplin ilmu yang terbilang baru (jika dibandingan dengan matematika yang usianya telah mencapai 5000 tahun), klasifikasi dalam riset operasi belum benar-benar eksak, masih terdapat banyak versi, karena memang ilmu-ilmu pascasarjana cenderung berkembang pesat dan sulit dikotak-kotakkan. Sejarah mencatat, sebenarnya aplikasi riset operasi dalam dunia nyata bukanlah berasal dari dunia industri. Menurut sejarah riset operasi, dunia militer. George Dantzig dan sejumlah ahli matematika lain diperintahkan oleh mentri pertahanan Inggris pada masa itu untuk melakukan penelitian tentang riset operasi yang digunakkan pada strategi perang pasukan inggris dan amerika.
Sekitar 1000 orang pada masa itu (200 diantaranya adalah tentara Inggris) melakukan penelitian dan diskusi untuk mengembangkan berbagi model untuk optimasi distribusi logistik, penugasan tentara militer, penjadwalan penyerangan dll guna kepentingan pemenangan blok sekutu pada perang dunia kedua. (maaf paragraf ini saya tidak dapat jamin kebenarannya)
Hamdy Taha melambangkan pada bukunya bahwa riset operasi adalah seni, seni optimasi  guna mencapai titik optimum, motedenya tidak mutlak baku. Riset operasi berusaha menciptakan arah tindakan terbaik (optimum). Riset operasi memang dirasakan sebagai pemcahan matematis dari maslah-masalah tersebut, namun riset operasi tidak hanya itu.
Secara umum riset operasi adalah pendekatan keilmian kuantitatif untuk mendapatkan rumus-rumus guna pemecahan masalah riset operasi. Beberapa cabang riset operasi terlah berkembang dengan baik, seperti analisis jalur kritis, perencanaan proyek, penempatan fasilitas, optimasi jaringan, masalah penugasan (termasuk pembagian target antar senjata), penyusunan rute optimal, otomatisasi, transportasi dll.
Metode Pada Riset Operasi
Terdapat banyak metode pada riset operasi, dari metode pemrograman linear, transportasi, dll itu semua dapat diakses di link Program Linear
Seperti disiplin ilmu lain, riset operasi juga memiliki komunitas peneliti di tingkat internasional, namanya The International Federation of Operational Research Societies (IFORS), yang membawahi organisasi serupa tingkat nasional di lebih dari 50 negara. Ini melambangkan bahwa terdapat banyak pilihan untuk melanjutkan studi pada bidang ini di berbagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar