Minggu, 16 Desember 2012

tetap cantik dengan web design minimalis

Web design minimalis dapat diartikan sebagai desain web yang simpel, tidak terlalu banyak warna, dan mudah navigasinya. Web minimalis cenderung digemari karena web seperti ini biasanya mudah dimengerti dan mudah diakses. Seperti yang telah dibahas dalam artikel-artikel terdahulu, website yang memiliki terlalu banyak elemen dan link bisa membuat user bingung, terutama jika user tersebut tidak terlalu akrab dengan dunia internet; dan ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan.
Web minimalis harus memiliki warna, tekstur, background dan elemen yang sederhana dengan tambahan satu atau dua objek besar sebagai titik fokus. Sehingga saat diakses, mata user akan cenderung mengarah pada satu atau dua titik itu saja. Web minimalis biasanya hanya memuat unsur-unsur yang dianggap penting, widget dan link-link tidak penting dan sekiranya tidak berfungsi lebih baik ditinggalkan. Tetapi dalam penghilangan elemen inipun juga harus harus hati-hati, jangan sampai website menjadi ‘pincang’ gara-gara kehilangan fitur pentingnya.
Warna kuat dan aksen unik pada objek tertentu bisa ditambahkan sebagai penguat fokus. Karena secara keseluruhan bersifat minimalis maka objek-objek yang akan dijadikan fokus tersebut harus dibuat seunik mungkin. Intinya, web tersebut tidak boleh kehilangan elemen artistik dan psikologisnya. Sekalipun tidak banyak mengandung objek didalamnya, web minimalis juga harus memenuhi prinsip-prinsip desain grafis, baik dari segi balance, alignment, hingga contrast-nya.

Basic Layout

Web minimalis memang terlihat simpel, tapi bagi orang-orang yang tidak terbiasa akan sangat sulit menemukan bentuk dan layout yang minim tetapi manis. Beberapa tips elemen yang sekiranya bisa digunakan antara lain:
  • Gunakan kombinasi warna putih – abu-abu – hitam untuk object yang tidak ingin ditonjolkan. Abu-abu bisa dipecah dalam banyak warna lagi, dari abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kombinasi warna ini akan memunculkan kesan minimalis dan netral karena pergerakan warna putih abu-abu hitam sebenarnya bukanlah warna, dia hanya bermakna ‘gelap dan terang’. (itulah kenapa foto dan TV hitam-putih sering disebut TV dan foto ‘tidak berwarna’).
  • Gunakan satu atau dua warna kuat pada objek-objek yang ingin ditonjolkan dan ingin dijadikan fokus. Warna-warna kuat ini bisa biru tua, hitam, merah hati, maupun hijau army. Penggunaan warna dalam web design juga merupakan komponen penting.
  • Gunakan font yang unik pada beberapa elemen yang ingin ditonjolkan.
  • Libatkan flash atau javascript agar elemen-elemen tertentu bisa bergerak. Hal ini penting agar website tidak terkesan ‘mati’. Namun tetap mempertimbangkan sisi SEO.
  • Gunakan susunan layout atau gambar yang berbeda-beda pada setiap halaman website. Memang agak susah, tetapi hal tersebut dapat membuat web minimalis tidak terlihat membosankan.
Web design minimalis memang menjadi trend akhir-akhir ini. Web design minimalis dianggap lebih ringan, komunikatif, dan elegan. Tetapi web design minimalis yang melupakan unsur-unsur artistik dan psikologisnya dapat membuat web tersebut terlihat membosankan, terkesan ‘biasa’, bahkan ‘mati’. Dibawah ini ada beberapa contoh web design minimalis yang sekiranya bisa dijadikan acuan. Bisa diklik untuk menuju website aslinya dan coba jelajahi web-web tersebut, anda akan menemukan beberapa animasi dan navigasi yang ‘sangat ajaib’ serta kaya ide. kesimpulannya: ternyata konsep web minimalis memang bisa disulap menjadi website yang sangat manis.
Minimalist Web Design Minimalist Web Design
Minimalist Web Design Minimalist Web Design
Minimalist Web Design Minimalist Web Design
Minimalist Web Design Minimalist Web Design
Minimalist Web Design Minimalist Web Design
Memang, sekalipun terlihat sederhana website-website di atas cukup rumit dan menguras ide kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar